Jumat, 08 Desember 2017

Pengertian, Perkembangan dan Fungsi Sistem Informasi

Siapa yang tidak membutuhkan managamen? Bahkan, organisasi terkecil seperti rumah tangga pun membutuhkan sistem manajemen yang tepat. Kalau tidak, akan sulit memperoleh suasana rumah tangga yang teratur dan terkontrol dengan baik. Tentu saja, hal ini menjadi lebih penting dalam organisasi yang lebih kompleks dengan fungsi dan tugas dari masing-masing departemen yang berbeda.

Pengertian Sistem Informasi Managemen

Sistem informasi manajemen atau SIM (bahasa Inggris: management information system, MIS) adalah sistem perencanaan bagian dari pengendalian internal suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia, dokumen, teknologi, dan prosedur oleh akuntansi manajemen untuk memecahkan masalah bisnis seperti biaya produk, layanan, atau suatu strategi bisnis. Sistem informasi manajemen dibedakan dengan sistem informasi biasa karena SIM digunakan untuk menganalisis sistem informasi lain yang diterapkan pada aktivitas operasional organisasi. Secara akademis, istilah ini umumnya digunakan untuk merujuk pada kelompok metode manajemen informasi yang bertalian dengan otomasi atau dukungan terhadap pengambilan keputusan manusia, misalnya sistem pendukung keputusan, sistem pakar, dan sistem informasi eksekutif.

Perkembangan Sistem Informasi Managemen

Pada awal perkembangan komputer informasi, komputer belum dapat menjalankan programmnya secara otomatis, melainkan dengan komando manual yang dimasukan manual ke dalam komputer. Barulah setelah tahun 2000-an, sistem informasi mulai berkembang. Sistem tersebut kemudian dibentuk dalam Sistem Informasi Berbasis Komputer ( Computer Based Information System ). CBIS sendiri sekarang merupakan sistem informasi yang berjalan secara terintergrasi dan otomatis.
CBIS memiliki beberapa elemen yaitu : Hardware, software, network, dan database

Kenapa Kita Harus Belajar Sistem Informasi Managemen ?

1. Agar kita dapat mengelola sumber informasi yang ada
2. Menawarkan jenjang karir dalam dunia IT yang lebih baik
3. Menjadikan kita sebagai pengguna informasi yang baik

Alasan mengapa kita harus menjadi pengguna informasi yang baik

1. Saat anda memasukan tenaga kerja, anda dapat membantu organisasi anda untuk memilik aplikasi IT yang tepat bagi organisasi.
2. Masukan dan saran anda dapat meningkatkan aplikasi IT dalam organisasi.
3. Anda akan terus menyadari perkembangan terbaru dari dunia informasi dan teknologi
4. Anda dapat mengerti bagaimana IT meningkatkan efektifitas dan efesiensi organisasi.
5. Jika anda enterpreneur, anda dapat memulai usaha anda dengan bantuan IT yang ada.


Cloud Computing

Komputasi awan (bahasa Inggris:  cloud computing ) adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer ('komputasi') dan pengemba...